Tuesday, February 2, 2010

Self Concept & Self Esteem.. How important is these two??

I'm just wondering?? setiap manusia itu sadar gak sih dengan pandangan self concept? bagaimana kita terbentuk sebagai manusia? perilaku kita? kapan terbentuknya self concept pada tiap individu? apakah self concept mempengaruhi self esteem?? 

Ternyata setelah 4 tahun belajar di jurusan psikologi, paling gak' ini bisa diambil kesimpulan..or at least an idea of what is a self concept and self esteem.
And as a mother... ternyata peran kita sebagai orangtua sangat penting akan perkembangan anak kita nantinya. Pada saat golden period, adalah waktu yang tepat untuk memulai. jangan sampai kehilangan waktu tersebut..karena kalau kelewat..that's it... you can't turn back the time. 
Dari sisi sosial, pembentukan self concept yang positif akan membentuk anak menjadi seseorang yang mandiri, percaya diri, dan lebih mudah untuk bersosialisasi di lingkungan. 
Kecenderungannya adalah murid-murid yang memiliki self esteem tinggi lebih berhasil di sekolah dibandingkan dengan murid-murid yang memiliki self esteem rendah (Marsh, 1990). 
 
Salah satu faktor yang berasal dari dalam diri siswa adalah concept self yaitu gabungan dari ide, perasaan dan sikap seseorang tentang dirinya (Hilgard, Atkinson & Atkinson, 1979), dimana pandangan dan nilai-nilai tersebut diperolehnya melalui pengalaman hidupnya.    Berkenaan dengan self concept, seseorang juga mempunyai self esteem (self esteem), yaitu suatu penilaian atau penghargaan seseorang terhadap kemampuan dan rasa berharga dirinya.    
Self concept dan self esteem tersebut sering digunakan bersamaan meskipun mempunyai makna berbeda.  Untuk dapat memahami konsep ini lebih baik, dapat dikatakan bahwa self concept terkait dengan unsur kognitif dimana berisi segala pengetahuan mengenai diri seseorang. Sedangkan self esteem melibatkan unsur afektif karena didalam self esteem telah terdapat penilaian baik atau buruk terhadap seseorang. 
contoh perbedaan self concept dan self esteem, misalnya Anna menyadari bahwa ia adalah seorang siswa yang pintar dalam bidang matematika (self concept), kemudian ia tahu bahwa tidak semua orang pintar dalam bidang tersebut sehingga kemampuannya itu membuat ia senang dan bangga terhadap dirinya (self estem).
Pembentukan self concept & self esteem dalam diri seorang anak, sangat dipengaruhi dari awal perkembangan dirinya dan pola asuh yang diperolehnya sejak usia dini.  Sehingga dapat dikatakan self concept secara perlahan-lahan terbentuk seiring pengalaman yang didapat. 
8 tahap perkembangan dari Erik Erikson, dimana dikatakan bahwa bila seorang anak berhasil melalui setiap tahapan akan memperoleh pengaruh positif untuk melalui tahapan selanjutnya.  Tentu saja keberhasilan melalui suatu tahapan, akan berperan terhadap pemikiran di dalam dirinya tentang hidupnya, yaitu bagaimana ia mempunyai suatu self concept.
Berikut adalah 4 tahapan awal dari Erik Erikson yang mempengaruhi bagaimana awalnya self concept terbentuk pada seorang anak.
 
Tahapan
Hal penting
Yang terjadi
Keterangan
I. Trust Vs Mistrust (birth – 12/18 bulan)
Feeding
Bayi akan mengembangkan rasa percaya bila kebutuhan akan makanan dan kasih sayang terpenuhi.  Hal ini akan menumbuhkan perasaan positif dalam diri bayi.
II. Autonomy Vs Shame & doubt
 (18 bulan – 3 tahun)
Toilet Training
Timbul self confidence dan self control. Orang tua harus protektif dan tidak over protektif.  Muncul kemampuan motorik dan kognitif. Dukungan orang tua sangat diperlukan.
III. Initiative Vs Guilt (3 – 6 tahun)

Independence
Mulai mandiri, orangtua dapat memberikan pengawasan tanpa intervensi. Biarkan anak berkembang.
IV. Industry Vs Inferiority (6 – 12 tahun)
School
Interaksi dengan lingkungan mulai timbul. Harus terjadi keseimbangan antara hubungan anak dengan rumah dan dengan lingkungan luar 
Sooo... apakah kira2 anda sudah melewati tahap2 diatas dengan mudah? or difficult? you be the judge of yourself.

1 comment:

  1. boleh nanya ga.....kalo bedanya self esteem dan self control apa yah? mohon dijelasin yah...ke email saya bisa ga? rere_pinkylover@yahoo.co.id ato ke hp saya 081990082780.trimakasih ya...

    ReplyDelete